gempa bantul di jogja

August 31, 2010 at 11:58 am (bencana alam) ()

Gempa Bantul kembali terjadi setelah tidur selama 4 tahun yang lalu. Gempa tektonik yang berkekuatan 5,0 SR terjadi sekitar pukul 18.41 WIB, Sabtu (21/08). Lokasi gempa berada di 8,3 Lintang Selatan, 110-39 Bujur Timur atau 15 kilometer tenggara Bantul. Serta 24 km Barat


daya Wonosari , 26 km Tenggara Yogyakarta, 42 km barat daya Klaten. Gempa yang berada di kedalaman 10 kilomoter dari dasar laut terjadi pukul 18.41 WIB.

Menurut PETRUS DEMONSILI Kepala Geofisika Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tretes pada Suara Surabaya, Sabtu (21/08) mengatakan fenomena gempa Bantul ini emmang merupakan pengaruh dari pertemuan lempeng Eurasia dan Indo Australia.

Fenomena gempa yang perlu diwaspadai terutama di wilayah selatan khususnya di Jawa Timur, mulai Pacitan hingga Banyuwangi. Ada 8 kabupaten/kota di selatan Jawa Timur yang sangat berpotensi terhadai fenomena gempa, bahkan sesekali menimbulkan bencana.

Seperti peristiwa gempa yang terjadi di Banyuwangi pada 1994 yang kemudian berakibat tsunami. Demikian pula di Situbondo pada 2007. Sampai berita ini diturunkan belum ada laporan korban jiwa terkait Gempa Bumi berkekuatan 5 skala richter yang terjadi pada pukul 18.41 WIB lalu dan berpusat di Kota Bantul, Yogyakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: